Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Thursday, February 14, 2013

Sejarah Internet



Sejarah internet - Hai sahabat blogger kali ini saya akan share tentang artikel "Sejarah internet",Bagi yang sering berkecimpung didunia internet wajib tahu hal ini. Internet pertama kali dikembangkan dan diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerikat sebagai dampak dari “kekalahan” Amerika Serikat atas Russia dalam hal teknologi dan pertahanan. Untuk mengimbangi “kekalahan” tersebut, maka dibentuklah ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang kemudian diperjelas visi misinya oleh J.C.R. Licklider agar setiap jaringan dapat terhubung satu sama lainnya untuk keperluan komunikasi data. Pada tahun 1962 ide tersebut dikembangkan melalui riset oleh RAND Corporation.


Pada Tahun – tahun pertama ARPANET dikembangkan pada tahun 1969, jaringan yang dihubungkan hanya 4 komputer saja, antara lain  University of California, University of Utah, Stanford Research dan Santa Barbara University. Diperkenalkan pada bulan Oktober tahun 1972 yang mana kemudian disambut oleh universitas-universitas lainnya yang menyatakan ketertarikannya terhadap proyek ini serta keinginan mereka untuk bergabung.
Oleh Karena itu, maka ARPANET kemudia dibagi menjadi 2 macam yaitu untuk keperluan Militer (MILNET) dan non-militer (ARPANET) yang ditujukan untuk universitas-universitas. Kedua jaringan tersebut kemudian dikenal dengan "DARPANET" dan akhirnya disempurnakan menjadi kata "INTERNET" seperti yang kita kenal dan ketahui hingga saat ini.
Program dan istilah e-mail sendiri berserta ikon “@”, pertama kali dikembangkan dan disempurnakan oleh Ray Tomlinson pada taun 1970-1971. Dua tahun berselang, internet mulai dikembangkan keluar Amerika. Pada tahun yang sama 2 orang ahli yang bernama Bob Kahn dan Vinton Cerf mengembangkan ide dan gagasan yang lebih besar dengan pemikirannya untuk mengembangkan jaringan internet untuk lebih meluas jaringannya lagi. Dan pemikirannya inilah yang kemudian menjadi  internet hingga saat ini. Pada tahun yang sama, melalui usaha Bob Kahn dan Vinton Cerf, jaringan internet telah dapat terhubung dalam jumlah 100 dalam sebuah jaringan.
Seiring dengan berjalannnya waktu, dimana jaringan semakin banyak, maka disadari bahwa diperlukan suatu protokol (TCP / IP yang kita kenal sekarang). Sehingga dibangun Transmission Control Protocol pada sekitar tahun 1982. Pada masa yang hampir bersamaan juga berkembang jaringan komputer  yang hampir serupa dengan internet, dikenal dengan nama “Eunet” yang jaringannya mencakup beberapa wilayang seperti  Belanda, Swedia dan Inggris.
Pada perkembangan berikutnya, untuk menyeragamkan sistem jaringan dan alamat jaringan yang jumlahnya semakin banyak, maka sistem nama domain pertama kali dikembangkan pada tahun 1984. Pada saat itu jumlah komputer yang terhubung dengan jaringan yang ada saat itu telah mencapai +1000. 3 tahun berselang, jumlah tersebut meningkat hingga 10x lipat dari 3tahun sebelumnya, mencapai Lebih dari 10.000.
Titik bersejarah internet modern dimulai pada tahun 1990 pada saat Tim Berners Lee menciptakan  browser pertama untuk menjelajah internet melalui komputer satu dengan yang lainnya. 2 tahun berikutnya, jaringan komputer yang saling terhubung telah mencapai 1.000.000 komputer diseluruh dunia dimana perusahaan raksasa Yahoo! Pertama kali didirikan bersamaan dengan istilah “surfing”
Sedangkan Search Engine "Google" didirikan pada tahun 1998 oleh Google didirikan oleh 2 orang mahasiswa asal Universitas Stanford University yaitu yang bernama Page dan Sergey Brin.

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →
Powered By: BloggerYard.Com

0 comments:

Post a Comment